Kamis, 13 September 2012

Gempa


Sejak diterbitkannya SNI 03-1726-2002, telah terjadi beberapa kejadian gempa besar di Indonesia yang memiliki magnituda lebih besar dari magnituda maksimum perkiraan sebelumnya, seperti Gempa Aceh (2004) dan Gempa Nias (2005). Pada beberapa tahun terakhir telah dikembangkan metoda analisis     yang bisa mengakomodasi model gempa tiga dimensi. Hal tersebut bisa menggambarkan penjalaran gelombang secara lebih baik

dibandingkan dengan model dua dimensi yang digunakan untuk penyusunan peta gempa SNI 03-1726-2002. Dalam perencanaan bangunan gedung, telah disepakati bersama bahwa peta gempa Indonesia yang baru disusun berdasarkan data-data seismisitas paling terkini, hasil-hasil riset terbaru mengenai kondisi seismotektonik di Indonesia, dan menggunakan analisis dengan model tiga dimensi dengan merujuk pada International Building Code 2009 (IBC 2009) dimana IBC 2009 menggunakan probabilitas terlampaui 2% untuk masa layan bangunan 50 tahun (perioda ulang gempa 2500 tahun) sebagai dasar untuk menentukan gempa desain yang telah disusun sekarang walaupun masih draft, yaitu tata cara perencanaan ketahanan gempa untuk bangunan gedung dan non gedung RSNI-03-1726-201X.
Disamping menentukan besarnya gempa desain, dalam perencanaan bangunan gedung atau rumah tinggal harus daktail yang direncanakan dengan sistem struktur yang sesuai dengan kategori desain gempa, dalam kasus ini adalah sistem rangka pemikul momen khusus.
Salah satu proyek yang menggunakan sistem struktur rangka pemikul momen khusus dan beban gempa yang bekerja dengan metode analisis statik ekivalen adalah rumah tinggal 2 lantai yang dibangun di Tajem, Yogyakarta.
Sesuai dengan konsep strong kolom – weak beam, mekanisme keseimbangan yang terjadi pada join dari sebuah kolom dicapai pada kondisi dimana kedua ujung yang masuk mencapai sendi plastis, kolom ujung balok tetap elastis, sedangkan ujung kolom bawah terjadi sendi plastis.
Permasalahan ini perlu dibahas agar pada saat merencanakan sebuah gedung atau rumah tinggal sekalipun tidak terjadi kegagalan struktur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar